Software adalah kumpulan item atau objek yang berbentuk
konfigurasi,terdiri dari:
- Program
- Data
- Dokumen
Dalam pembuatan software, harus memperhatikan beberapa hal yang terkadang menjadi permasalahan, yaitu :
- Software is engineered
Maksudnya adalah software tidak diproduksi secara massal dan dalam pembuatan, software harus melalui pengukuran(enginnered)
- Software doesn't wear out
Maksudnya adalah software itu tidak lapuk dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama
- Software is like an ‘aging factory’
Dalam hal ini, software di umpamakan sebagai pabrik tua. Maksudnya adalah suatu software akan menjadi tua dan kurang berproduktifitas lagi sesuai dengan usianya.
- Software is complex
Maksudnya adalah ketika akan membuat suatu software, banyak hal yang harus di pertimbangkan agar software tersebut dapat disebut software yang baik.
- Software is a ‘differentiator’
Maksudnya adalah suatu software harus memiliki ciri khusus sebagai pembeda dari software lainnya.
Aplikasi software :
- System Software
Software yang digunakan untuk melayani software lain . Contohnya : Windows, Compiler.
- Real-time Software
Software yang melakukan pengolahan data pada waktu itu juga. Contohnya : Chatting, ATM.
- Business Software
Software yang digunakan untuk kebutuhan bisnis.
- Engineering / Scientific Software
Software yang digunakan untuk masalah pengukuran / sains.
- Embedded Software
Software yang dimasukkan ke dalam perangkat keras . Contohnya : Jam tangan
- PC Software (Personal Computer Software)
Software yang digunakan pada PC. Contohnya: Microsoft Office.
- AI Software
Software yang digunakan untuk memprediksikan sesuatu.
- Web Application
Aplikasi komputer yang berbasis web.
Karakteristik sebuah software :
Kemudian kami diperlihatkan skema
kurang lebih seperti skema di atas..
Gambar tersebut menggambarkan
tentang ketika kita membuat sebuah software, bila software tersebut stabil (gambar yang garisnya melengkung dengan tinta yang lebih tebal) dan ketika
software yang kita buat sekali itu dapat menerima perubahan (tidak mengganti
software yang ada tetapi hanya diperbaharui/letak kesalahannya saja yang
diperbaiki) maka software yang kita buat akan bertahan seiring dengan waktu dan
menjadi software yang baik.
Sedangkan pada garis yang agak
halus itu, menggambarkan tentang software yang kita buat bila tidak sesuai
dengan keinginan pemesan maka kita mengganti secara terus menerus software yang
digunakan maka seiring dengan waktu dan mendapat dorongan dari aspek-aspek yang
lain seperti kebosanan sang pemesan software maka software kita tidak akan
bertahan lama.
Setelah menjelaskan tentang topik di atas maka kami pindah
ke topik selanjutnya tentang Software Process..
Tapi sebelum masuk ke topik ini, kami diberi game selama 20
menit. Setelah game, yang cukup menguras otak walaupun disebut game, materipun
dilanjutkan tentang penjelasan mengapa kita melakukan game tersebut. Hal ini
dilakukan untuk dapat mengerti konsep pada Software Process.
Masuklah pada subtitle Software Process Challenges. Namun
saya kurang mengerti tentang ini karena sudah hilang konsentrasi saya setelah
game L..
And last but not least tentang Waterfall Model beserta
kawan-kawannya..
Tapi penjelasannya akan dibahas lebih lanjut lagi minggu
depan ..
Gambar pada post ini saya ambil dari:
Gambar Karakteristik Software : http://antzone.web.id/wp-content/uploads/2011/09/failure-software.jpg
Gambar Waterfall Model : http://www.nefedov.net/wp-content/uploads/2008/05/waterfall_eng.png
Tidak ada komentar:
Posting Komentar