Senin, 26 November 2012

Game buat Software Process

Nama dari game ini adalah SimSe. Game ini memiliki beberapa jenis yang berbeda. Tetapi kali ini saya hanya akan menjelaskan 3 dari beberapa game ini..

  1. SimSEWaterfallGame-v-11
  2. SimSERapidPrototypingGame-v-9
  3. SimSEIncrementalGame-v-6
1. SimSEWaterfallGame-v-11


Dalam permainan dengan proses ini terdapat skill-skill yang berbeda dari setiap pekerjanya seperti pada tabel di bawah ini :
Dalam game ini yang harus diperhatikan adalah para pekerjanya. Pada awal game ini saya langsung memecat Pedro. Karena saya merasa bahwa Pedro tidak berguna di pengerjaan ini karena dalam proses Waterfall harus menggunakan Software Enginer yang telah berpengalaman  dan mampu bekerja pada suatu proses modul, sedangkan Pedro tidak memiliki kelebihan tersebut. Sedangkan dalam pembagian tugas kita harus melihat pekerja mana saja yang dapat mengerjakan pembagian tugas-tugas tersebut. Hal ini dilakukan agar ketika kita mereview salah satu prosesnya, tingkat error yang di dapatkan, dapat diperkecil. Sedangkan apabila kita memasukkan para pekerja yang kurang berpengalaman dalam mengerjakan pengerjaan yang tidak ia kuasai atau sukai maka tingkat error yang diperoleh dapat tinggi akibat dari para pekerja tersebut.

Dalam permainan ini, pembuatan urutan pengerjaan yang harus dilakukan secara berurutan, yaitu:
·         Requirements,
 Creating requirements -review requirements-correct requirements
·         Design,
 Creating design-review the design documents-correct the design
·         Coding,
Creating code -inspect the code- correcting code -integrate code
·         Testing
Creating system text plan -review  the system text plan-correcting system text plan.
·         Doing Test

Dan apabila kostumernya memberikan new requirements maka kita harus mengecek mulai dari awal kembali. Inilah yang membuat game ini cukup merepotkan. 


2. SimSERapidPrototypingGame-v-9



Sebelum memulai memainkan permainan ini, saya mencatat dahulu apa-apa saja yang harus diperhatikan dalam game ini. Dan saya merasa inilah game yang paling mudah dimainkan karena tidak membingungkan dan tingkat kecerewetan kostumernya tidak tinggi. Game ini memiliki konsep yang sama setiap kita me-resetnya. Hanya saja ketika kita memainkannya dan diberi pilihan dalam pembuatan prototyping dan implementation codenya saja yang harus ditentukan dengan benar. Game ini memiliki 3 bahasa pengerjaan perangkat lunaknya, yaitu VB, Java, dan C++. Apabila kita memilih VB maka dalam pembuatan prototyping mempunyai kecepatan 2.0, implementation kecepatannya 2.0 dan memiliki tingkat error sampai 22,5. Sedangkan Java dalam pembuatan prototyping mempunyai kecepatan 1.3, implementation kecepatannya 1.0 dan memiliki tingkat error sampai 1.dan terakhir C++  dalam pembuatan prototyping mempunyai kecepatan hanya 0.5, implementation kecepatannya 1.0 dan memiliki tingkat error sampai 1.

Sehingga saya mengambil cara yaitu karena menggunakan pencampuran antara Rapid dan Prototyping sehingga dalam pembuatan prototype, menggunakan bahasa VB, dan menggunakan konsep Percent Evaluatednya hanya sampai 85. Setelah itu dilanjutkan dengan pembuatan requirements document, design document,dan terakhir pada pembuatan code menggunakan bahasa Java. 

3. SimSEIncrementalGame-v-6




Dalam permainan dengan proses ini terdapat skill-skill yang berbeda dari setiap pekerjanya seperti pada tabel di bawah ini :
Nama
Skill
Risk Analysis
Requitments
Design
Implementation
Description
Amy
Average
Average
Average
Excellent
Expert Coder
Bob
Average
Average
Excellent
Average
Great Designer
Karl
Good
Good
Average
Average
Experienced Engineer
Lola
Good
Good
Average
Poor
Good Writer, Poor Coder

Dalam pemainan game ini dengan menggunakan Incremental Proses, saya hanya mencoba mengerjakannya dalam satu kali percobaan. Walaupun awalnya hanya untuk coba mempelajarinya dahulu namun ketika telah mendapatkan score akhir yang tinggi akhirnya saya berhenti memainkannya. Sehingga saya kurang mengerti cara memainkannya.
 Awalnya ketika mulai memainkannya, saya merasa model inilah yang paling membingungkan dalam pengerjaan dari semua model proses yang lainnya.  Tetapi ketika mulai mengerjakannya hampir mirip dengan pengerjaan waterfall yang sesuai dengan urutan pengerjaannya. Tetapi dalam permainan ini punya kelebihan lain yaitu ketika mengerjakan modul 1 kita dapat melanjutkan mengerjakan modul ke 2 nya apabila Analisis dan Desain pada modul sebelumnya telah selesai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar